17 July 2014

Lensa Kontak "Pintar" untuk Penderita Diabetes

Setelah mobil pintar, kacamata pintar, ponsel pintar, bertambah lagi satu daftar proyek PINTAR ambisius dari raksasa teknologi Google, dengan diumumkannya proyek "Smart Contact Lens" atau "Lensa Kontak Pintar".
Proyek ini punya cita-cita untuk mengembangkan alat elektronik mini yang dibenamkan dalam lensa kontak untuk mengukur kadar gula seseorang melalui air matanya, dan mengirimkan data tersebut ke smartphone.

Proyek ini telah secara resmi diumumkan oleh Google sekitar enam bulan lalu. Namun proyek ini tidak begitu "terdengar". Tidak sampai raksasa dari dunia lain, Novartis, menunjukkan minatnya untuk bergabung dalam proyek ini.

Bagi penderita diabetes, ini adalah suatu kemudahan luar biasa, sebab dengan alat ini, mereka bisa mengetahui kadar gula mereka setiap saat, tanpa perlu ke laboratorium atau melukai jari mereka dengan jarum dan berbagai ketidaknyamanan yang sekarang ini harus mereka alami.
Alat ini juga akan memberi kemudahan bagi para dokter untuk melihat riwayat fluktuasi kadar gula pasiennya dan melakukan penyesuaian yang perlu terhadap pengobatan yang diberikan.

Bergabungnya Novartis diharapkan bisa mengakselerasi proyek ini untuk segera sampai ke tahap komersial.

Sumber:
Introducing our smart contact lens project
Google Joining With Pharma Company to Build its Smart Contact Lens

No comments:

Post a Comment