18 July 2012

Zyrex OnePad dengan Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich

Saya sudah memiliki tablet Zyrex OnePad sekitar setahun. Tablet ini, walaupun murah, dan memang kualitasnya juga pas-pasan, tapi lumayan berguna buat saya. Dari tablet inilah saya mengenal sistem operasi google yang terkenal itu, "Android". OnePad datang dengan Android 2.2 atau lebih terkenal dengan nama kode "froyo".

Saat ini, saya telah menggunakan Android 4.0.4 pada OnePad saya. Berkat para hobis android di Belanda, dan Spanyol, OnePad bisa diupgrade ke Ice Cream Sandwich 4.0.4.

Muka Android ICS di Zyrex OnePad SP1113G
Sebelumnya, saya telah menggunakan hampir semua android setelah froyo di tablet ini. GingerBread dan Honeycomb, saya gunakan walaupun tidak lama, sebab belum sempurna. Di kedua varian android tersebut, masih banyak hal mengganggu yang harus disempurnakan, namun sepertinya para pengembangnya sudah berhenti melakukan perbaikan.

Tidak mengapa, sebab sekarang, dengan ICS toh jauh lebih nyaman, hampir semua fiturnya bisa digunakan. Tinggal kamera dan accelerometer yang masih amburadul. Kalau sering menggunakan skype, sebaiknya tidak usah mengupgrade ke ICS, cukup gunakan stock ROM yang ada saja.

Game-game yang menggunakan accelerometer juga tidak akan bisa dimainkan dengan menyenangkan karena fungsi accelerometer yang masih belum bagus (lambat dan kacau).

Kalau menggunakan tablet ini untuk menerima atau berkirim email, browsing, dan terhubung dengan media sosial seperti facebook, twitter, atau foursquare, maka ia akan bisa menyenangkan hati anda, seperti hati saya. Semua email bisa saya terima notifikasinya lewat tablet kesayangan saya ini, walaupun notifikasi email dari yahoo sepertinya lebih lambat. Entahlah, mungkin karena android adalah milik google :D

Saya juga sangat menikmati menggunakan OnePad ini sebagai album foto. iPhone atau Samsung Galaxy phone memang bagus, tapi mahal dan tak terjangkau oleh kantongku, dan terlalu kecil untuk menikmati foto. Tablet ini, walaupun harganya miring, mampu menampilkan foto dengan tajam, sambil memainkan musik di latar belakang.

Saya suka nonton film, dan saya juga akan menyukai tablet ini, karena hal itu. Tapi tidak dengan ROM baru ICSnya. Menurut pengalaman saya, menonton film HD 720p lebih menyenangkan dengan froyo daripada menggunakan ICS di OnePad. Kecuali kalau anda menggunakan port HDMI nya, itu lain cerita. Anda akan dimanjakan, dan merasakan kemampuan chip TEGRA 2 yang dibenamkan di tablet ini :)

Saya punya kartu SIM dengan layanan data Unlimited. Tablet ini telah memenangkan hati saya lagi, karena tablet ini telah dilengkapi dengan slot kartu SIM dan modem internal. Jadi tinggal tancap kartu dan aktifkan layanan mobile data, saya terkoneksi di manapun, selama dalam jangkauan penyedia layanan data :). Sayangnya, tidak seperti android pada smartphone, layanan mobile data akan ter-switch off apabila tablet tidak digunakan untuk beberapa waktu tertentu, sehingga notifikasi email, facebook dan sebagainya akan ditunda sampai anda mengaktifkan tablet anda lagi. Ini mungkin untuk menghemat baterei :)

Saya suka Instagram dan Path, dan dalam hal ini, tablet ini juga tidak terlalu mengecewakan saya. Kualitas foto yang dihasilkan setara dengan webcam murahan, tapi lumayanlah. Untuk mengatasi kendala ini saya menggunakan hp untuk mengambil gambar dan saya kirim lewat bluetooth ke tablet OnePad dan saya upload ke Instagram atau Path, bukan masalah besar :)

Tablet ini membantu saya untuk belajar karena software Medscape, TED, dan Quran Android berjalan dengan mulus.

Akhir-akhir ini ada rasa bangga telah membuat keputusan untuk mengeluarkan ongkos 3 jutaan untuk memiliki tablet ini. :), walaupun sekarang banyak yang baru, namun tablet ini masih bisa bersaing dengan percaya diri, berkat Android terbaru yang ada di dalamnya.

22 comments:

  1. wow...
    gmn caranya??
    share dong :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya sudah banyak dituliskan di forum-forum android termasuk beberapa di kaskus. Bisa googling aja. kalau yang berbahasa inggris mungkin bisa ditemukan di tabletroms, modaco, atau XDA forum.

      Delete
    2. Pakai Custom Rom Nya siapa kak?
      Bisa Share Website tempat download filenya gak?

      Soalnya tablet saya os nya froyo dan tdk bisa di upgrade.

      Sapa tau punya saya support itu.

      Apa harus di root dulu kalau pake custom rom nya yg kakak pakai?

      Delete
    3. bro, tabletnya apa? zyrex Onepad jugakah? yang mana SP1110 atau SP1113G?
      Custom Rom yang saya gunakan adalah vegacream beta, bisa di download di forum tabletroms, silahkan berkunjung ke sana. Maaf saya tidak mau menuliskan link di sini. Kalau bro mau, saya bisa mengirimkannya ke email bro..

      Delete
    4. saya pakai yang SP1113G kak,
      kalau boleh kirmkan link nya ke mail saya ya kak,
      Terima kasih terlebih dahulu,

      Mail : andra.aya09@gmail.com

      Delete
  2. salam,
    mas fahmi sy newbie, kmrn sy mau buang google account d one pad sy tp tb2 jd black hilang smua aplikasinya krn sy remove content and setting dr menu setting, bs dibantu mas solusi buat mslh sy...thnnks sblmnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sebelumnya ada backup, ya bisa saja. Tapi kalau tidak ada, mungkin harus di download lagi semua aplikasinya? Bisa lebih jelas dan detail gak pertanyaannya bro?

      Delete
  3. mas fahmi, saya sudah mencoba ROM JB (4.1.2) di OnePad saya dan berjalan dengan mulus.. tapi aplikasi Medscape tidak dapat diinstal; demikian jg dengan "saudaranya", aplikasi WebMD. kira-kira itu kenapa ya mas? aplikasi yang lain dapat diinstal dan dijalankan dengan baik.. mohon bantuannya mas, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah udah bisa mas. ga tau juga kenapa tadinya ga bisa. hehe

      Delete
    2. Syukurlah kalau sudah bisa, sepertinya jawaban atas pertanyaannya selalu ditemukan sendiri :D

      Share pengalaman memakai JB di Onepad dong! Bagaimana grafisnya, Accelerometer, GPS, Jaringan, Bluetooth, Camera, WiFi dan sebagainya. sudah bisa nelfon gak?

      Delete
  4. maaf mas fahmi, saya watu itu mencoba install room yang saya download dari xda, trus setelah selesai saya install zyrex onepad 1113g saya tidak bisa masuk system, cuma sampai di tampilan logo "cyanogenmod" (mutar-mutar gitu mas), tolong dong mas fahmi kasih room yang ini dong, mana tau stelah diinstall room yang ini zyrex saya bisa lagi,,,
    thk; sbelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Farma Andra, dari puluhan kali pengalaman menginstall berbagai macam ROM saya jadi tahu bahwa ROM yang dibuat akhir-akhir ini (VegaICS, VegaBean dan CM 10.1 Unofficial) menuntut kita mengosongkan SDcard, terutama bagian SD-ext agar ROM tersebut bisa tersetup dengan baik. Beberapa kali juga saya mengalami hal seperti anda. Lalu saya ikuti langkah2nya dengan cermat:
      1. Menyiapkan SD card yang benar-benar kosong, atau siap dikosongkan :D
      2. Melakukan partisi SD card dengan 2 partisi primary. Partisi pertama dengan file system ext4 dan partisi yang lain adalah FAT32. Bisa dengan G-parted (linux) atau melalui recovery console CWM, pada menu "mount and storage" dan atau menu "advanced".
      3. Menghapus boot, cache, data, system. Full Wipe/ Factory Reset.
      4. Baru install custom ROMnya :D

      Delete
  5. Gan Ane Punya juaga zyrex onepad sp1113g... yg udah pernah ke jelly bean share dong.. trus kl maen game hd banyakan ga bisa yah... ada yang punya room bisa game hd ga...contoh alfa 6 aja ga misa trus com3 ga bisa....nfs ga bisa,pes 2012 ga bisa.banyak yg ga bisa...sama spiderman jg..Tolong dong g punya ROM bisa maen Game HD ...anak gw pengen maen game hd.. dr pada gw beli tab baru lg... plis helepe mie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Windi masih menggunakan stock ROM yang dari pabrik?
      Yang lumayan bagus dukungan untuk gamenya setahu saya adalah ROM honey Ice. Peralihan dari Honey comb ke ICS. Saya pernah memainkan PES 2012 di ROM itu. Tapi NFS setahu saya cuma bisa normal di froyo bawaan Zyrex Onepad, ataupun ROM Corvus. ROM yang lain tidak bisa dimainkan karena masalah accelerometernya. Mengenai alfa6 dan spiderman tidak pernah saya coba, tidak punya gamenya.

      Delete
  6. bos mau tanya? saya punya tablet zyrex sm742.sehabis saya chas tablet zxyrex saya lalu saya hidupkan tiba-tiba tablet zxyrex saya tidak mau terbuka hanya berhenti pada gambar android saja. itu giman ya caranya agar tablet saya bisa berjalan normal kembali ya?? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf Mas Marsya Aqila, saya tidak punya pengalaman dengan tipe tablet Zyrex yang anda maksud. Tapi dari pemaparan anda kemungkinan ada masalah software saja, mungkin Firmware-nya corrupt atau lainnya. Coba lepaskan SD card lalu booting lagi. Kalau tidak bisa ya harus minta bantuan sama yang punya pengalaman :)

      Delete
  7. Mas fahmi salam kenal....saya pengguna onepad sp1113g. Terahir ROM Vega bean dr xda..permasalan nya slot simcard nya gk bisa search signal...cuma muter2 saat Cari signal..trus saya balik in ke ROM froyo di xda...eh tetep saja gk klwr signal.....apakah jd rusak slot Sim card nya karena slalu panas yg bérlebih bila di masukin Simcard..atau ROM nya gk suport..mohon bantuan nya mas fahmi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah modul GSM/3G yang ada pernah berfungsi, sejak tabletnya dibeli? Kalau masalahnya baru muncul setelah VegaBean, VegaBean berapa yang mas Vatomy pakai? Sebab, di awal pengembangan VegaBean memang pernah tidak mendukung modul 3G, sedangkan dengan Froyo, modulnya harus diaktifkan terlebih dahulu melalui settings.

      Delete
  8. vegabean bisa untuk telpon dan sms..sudah sempurna..cuma sinyal bar..cuma mentok di 2 bar.

    ReplyDelete
  9. tombol hotkeynya.. gmna bos biar bisa masuk bios nya?

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. cara hard reset zyrex onepad gimana ya? soalnya salah pattern and email-nya lupa password

    ReplyDelete