12 July 2015

Function Keys to deactivate/activate TouchPad Asus Eee PC seashell series

Asus Eee PC seashell series memiliki keyboard yang terlalu kecil untuk tangan saya sehingga saat saya mengetik seringkali tanpa sengaja, menyentuh touchpad dan akhirnya kursor bergeser ke tempat yang tidak saya inginkan. Bagi saya yang terbiasa mengetik cepat, ini sangat mengganggu.
Saya tahu anda pasti bilang, kan ada fasilitas untuk me-non-aktifkan touchpad nya? Betul, memang ada karena pada tombol F3 memang ada simbol touchpad dengan garis miring, yang menurut saya itu buat tonggling si touchpad on off.
Namun, entah kenapa, asus eee PC punya istri saya kok tidak bisa menggunakan tombol fungsi FN+F3 untuk bisa memadamkan si touchpad sementara. Sebenarnya kombinasi FN+ yang lain juga tidak bisa, hanya saja dalam tulisan ini saya ingin menekankan pada fungsi touchpad saja.
Ternyata masalahnya mudah saja, walaupun habis beberapa jam juga untuk jalan ke sana ke mari di internet. Petunjuk pertama saya temukan di sevenforum (Eee PC yang kita bicarakan ini pakai windows 7 Ultimate), di situ ada saran bahwa saya harus mendownload sebuah driver dari situs asus. Linknya saya simpan paling akhir pada postingan ini. setelah melakukan ini dan tidak lupa merestart sang Eee PC, memng benar, tombol Fn bisa berfungsi. Sekarang saya bisa mengubah resolusi layar, memadamkan WiFi, me-mute speaker dan fungsi-fungsi lain dengan mudah, kecuali satu yang saya inginkan yaitu mematikan touchpad. Hhhhgggg!
Pada saat selesai restart pertama kali setelah menginstal KB driver dari Asus memang ada peringatan bahwa touchpad driver tidak terinstall sehingga "touchpad switch void" tapi saya abaikan saja karena saya pikir touchpad nya kan baik-baik saja, jadi drivernya ada dong?!
Namun, ternyata untuk membuat FN+F3 ini bekerja, memang butuh usaha ekstra. Harus kita berikan apa yang software KB Asus tadi minta. menjelajahlah saya di website AsusTek mencari driver yang tepat. Bukan synaptics yang jelas. Saya mencoba menginstall 2 versi driver synaptics, gagal 100%. Sentelic juga bukan, saya mencoba satu versi saja. Ternyata driver yang dimau adalah Elantech. Mungkin karena touchpadnya memang punya Elantech ya, hehehe.
Setelah mengistall driver Elantech Touchpad for windows 7 yang juga saya temukan di website asus, semua tombol Fn combo berfungsi dengan baik, tanpa kecuali lagi.
Waktu saya membuat posting ini, kursor tidak lagi berpindah tiba-tiba ke tempat lain karena tidak sengaja menyentuh touchpad. Tidak ada lagi peringatan, touchpad driver not installed, touchpad switch void. Sekarang saat saya menekan FN+F3 akan muncul di tengah-tengah layar, sebuah gambar touchpad dan tulisan di bawahnya, "touch pad On" atau gambar touchpad dengan tanda silang merah, dengan tulisan "touch pad off di bawahnya.

LINK:
Petunjuk pertama di sevenforum
KB driver
Elantech Touchpad driver

1 comment: