05 August 2012

Tidak Usah Terburu-buru melakukan Update Aplikasi Android

Mungkin untuk masalah update, Android jagonya.
Kalau saja saya punya dana, saya sangat ingin meneliti tentang ini.
Berapa banyak bandwith yang terpakai untuk proses update aplikasi android ini.

Apabila aplikasi yang anda gunakan, diinstall melalui cara-cara yang sah, maka Google Play store akan secara otomatis memberi tahu anda bila tersedia update baru untuk aplikasi tertentu yang terpasang di perangkat anda.
Apakah semua update yang anda lakukan itu memang perlu?
Belum tentu, kenapa?
Mari kita lihat beberapa alasan mengapa vendor software merilis update untuk produk mereka.

Keamanan
Ini adalah hal yang penting, sebab penjahat-penjahat cyber bisa melakukan aksi jahat yang tidak anda sangka-sangka bila sebuah software menyisakan celah keamanan. Bila update aplikasi dirilis dengan alasan keamanan, sebaiknya anda segera menginstall update tersebut.

Bug
Ini adalah alasan yang paling sering bagi update aplikasi android, namun juga penting. Melalui bug ini juga bisa muncul celah keamanan. Bug fix harus anda perhatikan, terutama bagi aplikasi yang masih berstatus low maturity.

Fitur Baru
Vendor aplikasi menambahkan kemampuan baru. Untuk hal ini, anda tidak perlu buru-buru melakukan update, kecuali anda sangat membutuhkan fitur baru tersebut :).

Dukungan Terhadap Versi OS Baru
Selama setahun ini, Google merevisi Android beberapa kali, dan biasanya aplikasi-aplikasi yang ada juga memerlukan revisi agar bisa tetap berjalan. Kalau anda tidak merubah sistem operasi perangkat anda, anda tidak perlu menginstall update yang dirilis untuk kompatibilitas sistem operasi. Anda tidak memerlukannya dalam hal ini.

Kompatibilitas dengan Perangkat tertentu
Jika perangkat yang anda gunakan tidak disebutkan dalam update, dan aplikasi yang sekarang ada tidak bermasalah, tidak usah melakukan update.

Uang
Tidak jarang vendor merilis versi terbaru sebuah aplikasi, namun untuk bisa menggunakannya, anda harus mengeluarkan sejumlah uang. Perhatikan baik-baik apa yang ditawarkan, apakah anda benar-benar membutuhkannya? Apakah yang akan anda dapatkan sesuai dengan uang yang anda keluarkan?

Seperti yang anda lihat, tidak semua update kita perlukan. Yang paling penting adalah masalah keamanan. Jadilah pengguna yang cerdas dan tidak boros bandwith :)

5 comments:

  1. Bleh minta tlg bg upgrade vegacomb saya ke vegacream bg

    ReplyDelete
  2. hallo kita juga punya jurnal nih tentang aplikasi android , cek ini ya :)http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1105/1/50407046.pdf

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. dari update aplikasi, lama2 disuruh update perangkat,
    politik dagang,

    ReplyDelete