13 April 2020

Apa itu Thread pada Program Komputer

Thread, kita sering membaca kata ini saat sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Sebenarnya istilah lengkapnya adalah thread of execution, yang kalau diartikan secara kasar adalah "untaian eksekusi". Tapi apa sebenarnya pengertiannya?

Agar dapat mengerti apa yang dimaksud dengan thread, tentu kita harus familiar dengan diagram alir atau flow chart (lihat gambar 1). Pada ilustrasi di bawah ini, terlihat bahwa baris perintah hanya satu saja dari atas ke bawah. Bila hal ini kita bawa ke arah istilah thread maka ini adalah program single thread atau program untaian tunggal, karena untaian perintahnya hanya satu. Pada zamannya, program untaian tunggal tidak pernah disebut dengan istilah ini, pada saat itu hanya ada single thread.

Setelah muncul prosesor dan sistem operasi komputer yang memungkinkan programer membuat eksekusi paralel beberapa untaian perintah, muncullah istilah thread ini. Prosesor dan sistem operasi generasi baru ini mampu menjalankan beberapa untaian perintah secara bersamaan, atau disebut multi-threading.

Jadi dalam pemrograman, thread tidak lain adalah urutan perintah yang harus dijalankan komputer. Sebuah program paling tidak harus punya satu urutan perintah, atau single thread, sehingga untuk program seperti ini istilah thread ini tidak relevan. Bila suatu program dibuat dengan beberapa eksekusi urutan perintah secara bersamaan, atau untaian perintah yang berjalan sejajar, barulah istilah thread ini menjadi ada maknanya dalam pemrograman.

Gambar 1. Diagram alir untaian tunggal (single thread flow chart)

Mengerjakan banyak untaian perintah dalam waktu bersamaan membuat program bisa menyelesaikan tugas lebih cepat. Sebenarnya dalam program yang beruntai banyak atau multi-threaded, setiap untaian perintah yang berjalan itu masih tetap dipantau atau dikendalikan oleh program utama melalui komunikasi tertentu antar untaian perintah, dengan begitu walaupun ada beberapa untaian perintah yang berjalan bersama, program tetap terkoordinasi oleh untaian utama.

Demikian semoga bermanfaat bagi teman-teman yang baru belajar.

No comments:

Post a Comment