14 March 2012

Apa itu file? Dalam Istilah Komputer

Bagi yang sering berhadapan dengan komputer tentu tidak asing dengan istilah file. Dalam bahasa Inggris, file berarti berkas berupa kertas, atau bahan lain yang digunakan untuk menyimpan data.
Nah, dalam istilah komputer, arti file juga sangat dekat dengan hal tersebut. File dalam komputer juga menyimpan data, tetapi bukan dalam bentuk tulisan fisik seperti tulisan di atas file-file kertas. Data dalam file komputer direkam dalam bentuk muatan-muatan listrik, dengan aturan tertentu. Dengan mengikuti aturan tertentu pula data ini bisa ditampilkan kembali sehingga menjadi informasi yang bisa dimengerti oleh manusia.
Sebuah komputer, seperti yang kita kenal saat ini, memiliki banyak sekali data yang disimpan dalam banyak file pula.
File komputer sebenarnya hanyalah sebuah istilah yang digunakan untuk mengorganisasikan data yang banyak dalam sebuah komputer. Jadi, file dalam istilah komputer tidak lain adalah sekumpulan data yang memiliki nama.

Mari kita lihat sebuah contoh:
berikut ini adalah cuplikan data pada sebuah media penyimpanan komputer

101001010101010101010111101010101010101010101010101010101

data ini hampir tidak ada artinya bagi kita, kecuali sederetan angka 1 dan 0 yang cukup banyak jumlahnya. Kenyataannya begitulah data direkam dalam komputer anda. Dengan cara tertentu urutan data ini kemudian diberi nama, direkam panjangnya dan letaknya dalam media penyimpanan. Sehingga kelak, dengan mengetahui nama dari data ini, kita bisa membacanya kembali, mengurangi atau menambahkan isinya, merubah urutannya atau bahkan menghapusnya dan sebagainya, yang kita istilahkan sekarang ini dengan mengedit file pada komputer.
Demikian dulu penjelasan mengenai pengertian file dalam istilah komputer. Dalam artikel berikutnya mungkin kita akan berbicara lebih jauh lagi, menambah pengetahuan kita mengenai file komputer ini. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment