31 May 2013

Tau Nggak, Modem itu Singkatan lho?

Setiap hari banyak sekali orang menggunakan benda ini. Membuat hubungan ke jaringan internet memang wajib ada modem. Tapi tahukah kita apa sebenarnya modem itu? Tahukah kita kalau sebenarnya modem itu singkatan? Tahukan kita kalau sebenarnya hampir semua handphone saat ini membawa-bawa modem di dalamnya?

Ah, mungkin saja anda sudah tahu semua itu. Tapi kalau belum, silahkan dilanjutkan bacanya, lumayan untuk menambah pengetahuan baru :D.

  1. Modem adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mengirimkan dan menerima sinyal yang berisi informasi. Jadi modem itu fungsinya seperti jembatan dua arah yang menghubungkan dua perangkat atau lebih.
  2. MoDem memang ada kepanjangannya: Modulator Demodulator. Jadi dari namanya kita bisa tahu bahwa sebenarnya modem itu terdiri atas dua bagian penting yaitu modulator dan demodulator. Saat mengirimkan sinyal yang berfungsi adalah modulatornya, sedangkan saat menerima, demodulatorlah yang menerjemahkan sinyal yang datang.
  3. Handphone yang setiap hari anda gunakan untuk mengakses internet memiliki modem wireless di dalamnya. Jadi sinyal informasinya bisa dikirim dan diterima melalui gelombang radio. Hanya saja dalam handphone anda, ukuran modem yang ada sudah dibuat sedemikian kecil dan terintegrasi dengan baik.
Nah, demikian fakta menarik mengenai modem yang ternyata, setiap hari telah anda gunakan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment