25 May 2013

Mengenal Komputer Bagian I

Komputer lebih mudah dijelaskan dulu daripada sekarang. Saat ini ada berbagai macam jenis komputer, mulai dari yang ukurannya besar sampai harus punya gedung tersendiri atau yang kecil dan bisa digenggam dalam telapak tangan. Tapi pada dasarnya mereka memilki kesamaan sehingga mereka dikenal sebagai komputer. Apa saja ciri-cirinya?

Central Processing Unit (CPU)
Ini bagian komputer yang terpenting, yang menghitung semua pekerjaan yang dilakukan komputer. Untuk setiap komputer setidaknya harus ada satu CPU.

Memory
Tidak kalah  pentingnya dengan CPU, memori juga harus ada pada setiap benda yang disebut komputer. Namanya juga memori, bisa kita tebak, kegunaannya adalah untuk menyimpan data.

Input
Komputer tidak bekerja dengan sendirinya. Ia harus menerima perintah dari yang menggunakannya. Bagian input komputer menerima perintah ini. Menyimpannya di memori, lalu dikirimkan ke CPU, dan hasilnya dikeluarkan pada bagian output.

Output
Agar kita bisa mengindra apa hasil dari perintah yang kita berikan pada sebuah komputer, ia harus mempunyai bagian output. Output yang paling sering kita lihat adalah layar monitor yang menampilkan tulisan atau gambar.

Nah, itulah bagian-bagian besar yang membentuk sebuah komputer.

No comments:

Post a Comment