09 June 2014

LG L5 bisa Upgrade ke Jelly Bean dengan PC Suite

Kali ini mau posting lagi pengalaman mengoprek HP punya istri. HP nya LG L5 E612 dengan Ice Cream Sandwich (Android 4.0). Beberapa hari lalu waktu lagi, secara tidak sengaja saya membaca di sebuah situs atau forum bahwa LG L5 kebagian update Jelly Bean. Langsung saja saya konfirmasi ke berbagai situs lain, dan mungkin memang benar.
Sampai di rumah, saya coba cek lewat software updater nya LG L5 dan memang di situ dikatakan ada update, tapi hanya bisa diinstall melalui PC Suite.
Saya pun mendownload LG PC suite untuk L5 (saya tidak tahu memang khusus untuk L5 atau LG PC Suite bisa untuk semua HP LG). Setelah itu saya coba koneksikan via USB. HP nya dikenali, windows pun menginstall driver yang dibutuhkan. Perlu restart satu kali.
Setelah itu saya pilih menu [Mobile Device]->[Mobile Device Software Update]. Ternyata apa yang dikatakan di berita itu benar. Melalui menu ini saya melihat update V20E_00 dan yang tertulis di berita dan forum memang benar bahwa Official Firmware Jelly Bean untuk LG L5 memang dikeluarkan dengan kode ini. Saya pun memilih untuk mengupgrade tanpa backup (space di laptop sudah gak muat hehe, jadi nekat saja). Kalau situasi memungkinkan backup dulu lah. Mana tahu ada apa-apa :).

Setelah melalui penantian panjang (ternyata file upgrade nya besaaar, hampir 700 MB, dan koneksi internetku sangat lambaaat), akhirnya selesai juga terdownload. Dan bisa saya konfimasi melalui [Settings]->[About Phone] bahwa LG L5 punya istriku sudah menjalankan Jelly bean (android 4.1.2).

Tentu dengan begitu bisa menginstall aplikasi-aplikasi yang lebih update dan telah dioptimasi untuk berjalan di Jelly Bean. Sejauh yang saya perhatikan, tool bar menunya berubah layoutnya. Kameranya sekarang bisa diperintah untuk mengambil gambar dengan kata-kata tertentu seperti Cheese, LG, smile dst. Responnya juga terasa lebih gegas. Nanti deh kalau sempat saya sampaikan perubahannya secara detail. Semoga ada gunanya saya ketik ini :D

No comments:

Post a Comment