05 August 2012

Sering dengar tapi apa itu Siri

Siri adalah teknologi pengenal suara (voice recognition) yang diperkenalkan oleh Apple melalui produknya iPhone 4S. Software Siri ini mampu menerjemahkan perintah suara dalam bahasa natural manusia. Ini berkat kemampuan Siri untuk mengakses database suara dengan cepat untuk mengenali berbagai pola khas suara manusia.
Namun semua ini adalah kampanye Apple. Kemampuan mengenali pola suara manusia dan memahami apa yang diinginkannya adalah sesuatu yang sangat sulit, bahkan untuk otak manusia sekalipun. Tidak salah untuk bermimpi, tapi teknologi dengan janji sebesar itu dalam ponsel sekecil iPhone 4S, sungguhpun respon sesungguhnya dilakukan di server milik Apple, sepertinya masih terlalu muluk-muluk saat ini.
Kita mungkin akan sampai pada jaman yang diperlihatkan dalam film-film fiksi ilmiah di mana, kita bisa berdiskusi dengan komputer seolah bercakap dengan sesama manusia. Namun kalau saja kita tahu kompleksnya komputasi dan tuntutan hardware untuk bisa melakukan itu, maka kita akan mengerti bahwa jaman tersebut belumlah sekarang.
Siri dari Apple, Assisten dari Google dan seterusnya adalah proyek untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita dalam film-film fiksi itu, semoga bukan hanya untuk bergaya, tapi mampu membawa kita kepada pemanfaatan teknologi yang lebih baik lagi bagi kepentingan manusia.

No comments:

Post a Comment