19 August 2014

Melakukan Pairing Perangkat Bluetooth

Bluetooth merupakan aplikasi gelombang radio jarak dekat untuk bertukar data digital. Saat ini bluetooth menjadi standar komunikasi jarak dekat untuk perangkat seperti Smartphone, laptop, kamera maupun printer. Banyak proses bluetooth yang tidak memerlukan pairing. Misalnya berkirim file-file antar perangkat. Untuk penggunaan bluetooth yang lebih lanjut misalnya sebagai mouse, audio gateway atau pun remote, proses pairing hampir pasti diperlukan.

Nah, untuk itu perangkat bluetooth anda perlu saling menemukan satu sama lain. Misalnya pada kasus berikut, saya hendak melakukan pairing HP samsung monte saya dengan sebuah  Laptop asus yang dilengkapi perangkat Bluetooh. Proses pairing bisa dimulai dari HP ataupun dari Laptop.
Bila pairing dimulai dari HP maka setting perangkat laptop menjadi "discoverable" dengan mencentang "allow Bluetooth Devices to find this computer" pada tab setting bluetooth. Setelah itu tekan tombol scan atau search yang ada pada HP anda. Beberapa detik kemudian nama Laptop anda akan muncul dan bisa anda pilih. Bila menggunakan security key, maka masukkan dulu security key dari HP anda kemudian masukkan key yang sama di Laptop. Bila semua lancar proses pairing pun berhasil.

No comments:

Post a Comment