31 July 2013

Restricted Profiles di Android 4.3

Pertama kali ditemukan di Android 4.3, restricted profile, atau kalau di-Indonesia-kan "profil terbatas", adalah suatu profil perangkat android 4.3 dengan akses terbatas yang bisa diatur.

Profil dimaksud adalah serupa dengan profil-profil yang sering anda temukan dalam ponsel atau perangkat lain, yang sering juga disebut mode. Profil diam atau mode diam adalah profil atau mode perangkat yang pengeras suaranya mati, biasanya juga disebut profil getar. Tentu anda sudah mengerti bukan? :)

Nah, saat menggunakan profil terbatas ini, aplikasi atau konten yang bisa diakses, memang benar-benar bisa dibatasi. Tapi apa gunanya??

Katakanlah kita membelikan anak kita sebuah tablet untuk belajar atau bermain. Namun, kita ingin agar anak tidak bisa melakukan transaksi pembelian, tidak dapat melakukan panggilan tertentu, tidak bisa membuka aplikasi atau data tertentu dan batasan-batasan lainnya. Ini bisa kita terapkan di android 4.3 dengan menggunakan "profile terbatas" ini.

Menurut google, profile terbatas ini juga bisa digunakan untuk menerapkan kebijakan perusahaan agar selama dalam lingkup tempat kerja, karyawan berada dalam "profil terbatas" dan hanya bisa mengakses hal-hal yang hanya berhubungan dengan pekerjaan saja, sehingga mereka lebih fokus menjalankan tugas.

No comments:

Post a Comment