19 August 2014

Memulihkan dokumen yang dirusak oleh virus

Kali ini saya mau berbagi pengalaman yang bikin merinding. Tapi tunggu dulu, ini bukan cerita dunia lain atau uka-uka. Jadi waktu itu saya kebetulan jauh dari rumah dan harus mencetak dokumen penting menggunakan jasa print. Saya pun membawa dokumen yang sudah selesai saya buat di laptop, menggunakan flash disk untuk di-print luar. Beberapa menit lagi dokumen ini harus saya serahkan ke panitia yang sudah menunggu. Tiba di sebuah warung yang menyediakan jasa print, saya pun mencolokkan flash disk tersebut, dan dalam sekejap, semua file dokumen dalam flash disk tersebut tidak bisa lagi dibuka. Selalu muncul pesan error, dokumen saya tidak satupun yang ada isinya sekarang. Saya dibuat bingung, dan gemetaran karena ini dokumen penting yang harus segera saya serahkan. Ternyata komputer yang disediakan warung tersebut terinfeksi virus. Untunglah saya bisa mengetik kembali semua dokumen tersebut dan menyelesaikannya tepat waktu.
Sesampai di rumah, saya melakukan scanning lengkap pada flash disk tersebut dengan Avast! Antivirus dan terdeteksi banyak virus. Avast! hendak menghapus file dokumen yang terinfeksi, tapi saya memilih untuk tidak menghapusnya karena dokumen tersebut adalah dokumen penting, dan saya tidak yakin ada backupnya.
Saya mencoba menggunakan laptop teman yang memakai Avira, dengan jurus yang sama, Avira juga menyarankan untuk menghapus file dokumen tersebut tanpa opsi repair. Saya pun mencoba menginstall versi  trial dari Kaspersky Antivirus di laptop istri saya.
Menggunakan Kaspersky, saya melakukan scanning pada FD tersebut dan memang ada lusinan virus yang terdeteksi. Dari report yang ditampilkan saya melihat dokumen saya telah direpair secara otomatis oleh antivirus ini. Setelah proses scanning selesai saya pun mencoba membuka dokumen-dokumen tersebut.
Saat dibuka pertama kali, Microsoft Word memunculkan pesan error, namun dengan opsi untuk memulihkan dokumen tersebut. Begitu saya klik, Word pun memulihkan semua isi dokumen. Saya melakukan hal yang sama untuk semua dokumen yang saya punya dalam FD, dan semuanya dipulihkan lengkap.
Saya memang hanya menggunakan tiga antivirus waktu itu, karena setelah menggunakan Kaspersky, masalah sudah teratasi. Dan dalam hal memulihkan dokumen yang terinfeksi menurut pengalaman ini, sebaiknya gunakan komputer yang menggunakan Kaspersky, karena semua dokumen bisa direpair. Semoga anda terhindar dari debaran yang sama, setelah anda tahu, dokumen yang dirusak virus, ternyata bisa dipulihkan.


No comments:

Post a Comment