22 July 2012

Apa itu Bahasa Program/Pemrograman?

Komputer tidak lain adalah peralatan elektronik yang tidak bisa apa-apa tanpa kecerdasan manusia. Di dalam sebuah komputer masa kini, terdapat sistem operasi yang dibuat oleh manusia. Sistem operasi inilah yang mengatur komputer dalam menerima dan mengeluarkan inputnya. Sistem Operasi ini adalah program yang dibuat oleh manusia.
Untuk memudahkan kita memberikan instruksi kepada mesin yang "bodoh" ini, telah dikembangkan berbagai cara. Yang paling susah adalah dengan mengetikkan satu per satu instruksi tersebut ke dalam bahasa mesin. Kalau kamu pernah lihat program dengan bahasa yang tidak jelas dan pendek-pendek seperti MOV, INT dan sebagainya, itu adalah bahasa program paling rumit namun paling cepat. Bahasa program ini disebut Assembly language atau bahasa mesin. Pada akhirnya sebelum dijalankan, semua program akan diterjemahkan ke dalam bahasa ini.
Seperti disebutkan di atas, bahasa mesin rumit dan bertele-tele, atau malah terlalu sederhana. Di buatlah "jembatan" antara bahasa mesin ini dengan bahasa manusia, yaitu bahasa tingkat menengah seperti Bahasa C dan setingkatnya. Bahasa tingkat menengah ini sudah mirip dengan bahasa manusia, dengan instruksi seperti main, void, printf, scanf, namun juga masih ada yang rumit-rumit sepeti int, reg dan sebagainya. Dengan bahasa inilah kebanyakan program atau sistem operasi sekarang ini, dibuat.
Bahasa pemrograman berikutnya adalah bahasa tingkat tinggi yang memungkinkan manusia menuliskan: "ketik 'nama saya' dengan font warna merah, ukuran 12 point". Bahasa pemrograman ini sudah sangat-sangat mirip dengan bahasa manusia.
Lalu, bukan tidak mungkin, sebentar lagi komputer akan mampu mengerti bahasa manusia. Kalau pernah menonton film fiksi ilmiah seperti TimeTrax atau beberapa adegan di Iron Man di mana manusia dan komputer berkomunikasi dalam bahasa manusia. Itu adalah bahasa pemrograman tingkat paling tinggi.

Bahasa pemrograman adalah bahasa perintah dengan aturan tertentu, yang dibuat manusia, untuk bisa dikerjakan oleh komputer. Semoga berguna :)

1 comment: