19 July 2012

Apa itu 3G?

Pengertian kita tentang 3G (tri ji) perlu diluruskan. Masih sering kita mendengar orang yang mengatakan kalau 3G adalah telepon dengan video call. Jadi kalau tidak bisa video call, bukan 3G katanya.

Cara mengerti yang sangat membingungkan bagi kita yang mengerti apa itu 3G, :)

3G adalah jaringan data seluler generasi ke-3 yang memiliki kemampuan transfer data yang sangat besar, dibandingkan dengan generasi-generasi jaringan sebelumnya (2G). Karena kemampuan transfer data yang besar inilah maka, jaringan 3G mampu menangani panggilan telepon dengan video sekalipun. Karenanya, telepon genggam yang bisa memanfaat jaringan 3G atau biasa disebut handphone 3G, biasanya akan dilengkapi dengan kamera depan yang bisa digunakan pada saat melakukan panggilan video, atau populer sebagai panggilan 3G.

Jadi 3G bukan jenis telepon dengan kamera depan untuk video call, tapi salah satu jenis jaringan setelah GPRS generasi I, dan EDGE. Sekarang ini, di dunia sudah mulai menggunakan jaringan 4G atau LTE dengan kemampuan transfer data yang lebih cepat lagi. Sayangnya, Indonesia masih tertinggal jauh, jaringan 3G saja masih sering bermasalah dan jaringan 4G masih dalam uji coba.

No comments:

Post a Comment