25 July 2012

Apa itu 4G atau LTE

Teknologi transfer data secara nirkabel sekarang telah semakin canggih. Canggih di sini berarti semakin cepat, besar dan luas jangkauannya. Beberapa perusahaan telekomunikasi besar dunia telah mengklaim sanggup mengimplementasikan teknologi jaringan berstandar 4G.
Teknologi 4G adalah standar baru dalam teknologi nirkabel/wireless di mana kecepatan transfer data telah lebih besar dari standar sebelumnya, 3G. Menurut ITU-R (International Telecommuncations Union -Radio communication sector), standar 4G, seperti yang tertuang dalam spesifikasi IMT-Advanced (International Mobile Telecommunications Advanced), adalah transfer data sampai 1GB/detik dalam keadaan bergerak pelan atau diam, dan sampai 100 MB/detik dalam keadaan bergerak cepat (misalnya dalam mobil atau kereta api). Beberapa standar lain yang terlalu teknis untuk tulisan ini.
Jadi kalau nanti ada operator telekomunikasi yang mengaku-ngaku telah punya jaringan 4G, anda telah tahu salah satu syaratnya, dan bisa anda tanyakan, untuk menguji, jangan-jangan cuma klaim kosong. Penerapan teknologi 3G saja, sepertinya masih banyak yang cuma nama, tidak memenuhi standar.
Di Indonesia sendiri, mungkin masih harus menunggu jaringan super cepat ini. Itu kalau perusahaan telekomunikasi -nya mau memenuhi standar. Beberapa gadget dan smartphone mungkin telah dibuat untuk mampu beroperasi di jaringan 4G, perlu anda perhatikan, sebaiknya bila ada pilihan untuk hanya menggunakan jaringan 3G atau generasi jaringan selular sebelumnya, gunakanlah itu untuk menghemat baterei. Semoga bermanfaat menambah pengetahuan :)

No comments:

Post a Comment