18 July 2012

Mengembalikan Zyrex OnePad SP1113G Seperti Semula

Beberapa hari yang lalu bereksperimen dengan tablet Zyrex OnePad SP 1113G. Setelah beberapa saat menggunakannya, saya merasa kurang puas dengan software bawaan Onepad ini. Jadi saya mencari-cari di forum bagaimana agar bisa merubah firmware dari Onepad ini. Saya membaca di Cyanogenmod bahwa tablet ini didukung (Advent Vega, POV Mobii). Jadi saya mendownload Modnya, nah saat menginstall, entah karena salah prosedur atau apa, maklumlah ini baru pertama kalinya, pas di boot eh gak nongol apa-apa. Cuma backlight sebentar, lalu gelap lagi. Saya jadi deg-degan, 3,5 juta melayang dalam beberapa detik :).
Saya belum putus asa, soalnya Si SP1113G masih bisa power Up, mungkin belum sepenuhnya rusak. Cuma masalah software saja, begitu pikir saya.
Dari Hasil mencari-cari lagi di forum, saya akhirnya tahu kalau istilah untuk keadaan tablet saya sekarang adalah "soft bricked". Artinya kira-kira "tablet yang sudah mirip bata, karena gak bisa ngapa-ngpain lagi selain berbentuk bata :D< tapi masih bisa dipulihkan karena hanya masalah soft-ware". Ternyata pikir saya benar!
Saya kemudian tahu juga kalau Zyrex Onepad ini ternyata rebrand, atau ada kembarannya yaitu Advent Vega dan Point Of View Mobii. Saya segera menuju situs mereka, dan ternyata mereka menyediakan STOCK ROM untuk tablet mereka.
Di forum-forum Indonesia, Zyrex OnePad paling banyak disama-samakan dengan Advent Vega. Itulah alasan mengapa saya mencoba dengan ROM advent vega terlebih dahulu. Hehe, berhasil! Tapi ada yang aneh: notification bar-nya koq agak lebar ya?
Nyari lagi di forum, ternyata bisa dikecilin. Tapi tetap terasa ada keanehan. Nah,  pas mau menggunakan keyboard USB, barulah benar-benar tau perbedaan yang ada. Vega tidak mendukung mode host untuk USB portnya.
Saya kemudian memutuskan untuk mencoba ROM dari POV Mobii, ternyata inilah yang paling mirip, USB otomatis menggunakan mode host sehingga keyboard, mouse, ataupun flash usb disk bisa digunakan kembali seperti semula. Jadi buat teman-teman yang punya OnePad SP1113G dan sudah sempat di jahili tanpa membuat backup kayak saya. Gampang, tinggal download firmwarenya POV Mobii, dan OnePad anda akan kembali seperti semula. Langkah-langkahnya bisa di liat di posting ini.

3 comments:

  1. pagi gan, saya punya zyrex onepad sp1113g, dan sudah gonta ganti rom, permasalahannya sama yaitu WIFI, tidak bisa connect, mohon pencerahan nya gan, bgm caranya agar bisa connect WIFI, terima kasih atas bantuannya

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete