18 July 2012

ROM Paling Bagus Untuk Zyrex OnePad

Tulisan ini dibuat saat Onepad SP1113G adalah tablet terbaru zyrex, dan belum ada varian Onepad selain SP1110, sehingga apa yang dipaparkan dalam tulisan ini, mengacu pada Onepad SP1113G dan mungkin juga valid untuk SP1110.

Sekarang ini banyak sudah ROM alternatif bisa kita pasangkan untuk zyrex OnePad. Firmware originalnya sendiri sebenarnya sudah lumayan, namun kalau ada seorang gamer, barangkali ada beberapa game baru, sudah tidak kompatibel dengan froyo 2.2 bawaan OnePad ini.
Nah, saya akan membuat sebuah daftar berisi ROM-ROM alternatif yang pernah saya gunakan untuk Zyrex OnePad saya. Untuk menentukan mana yang terbaik, akan sulit sebab, ROM ini kebanyakan adalah buatan komunitas, bukan ROM komersial. Masing-masing akan ada kekurangan dan kelebihannya. Namun, menurut saya, tetap mengikuti berita mengenai ROM yang masih dikembangkan sampai sekarang seperti VegaComb 3.2, Honey Ice, dan VegaICS.
Ketiga ROM ini masih terus saja dikembangkan, dan semakin baik setiap harinya sehingga berpeluang besar menjadi ROM yang terbaik. ROM seperti Corvus, Ganbaro, Modaco R8 memang stabil namun sepertinya, pengembang ROM ini tidak lagi melakukan pengembangan, jadinya walaupun bagus, tapi sudah mentok.

Urutan ini saya buat berdasarkan urutan waktu, jadi ROM yang saya coba lebih dulu, muncul lebih awal:
1. Cyanogen Mod
2. Modded Stock v2
3. Corvus
4. Ganbaro
5. Vegacomb 3.2 Build 8.1
6. Vegacomb 3.2 Bulid 9 Update 3
7. VegaICS Alpha -- Beta1 - sudah dihentikan pengembangannya
8. Honey Ice RC 2 -- Chimera
9. Ubuntu
10. Corvus reborn
11. VegaCream Beta 4.1
12. VegaBean Beta 6.0
13. Unofficial CM 10.1 for Advent Vega
yang berwarna merah adalah ROM yang masih dikembangkan sampai saat ini. Kalau anda pengguna OnePad, sebaiknya anda mendukung pengembangan ROM ini dengan bergabung di forum pengembang atau ikut memberikan donasi bagi para pengembangnya.

VegaCream adalah ROM paling bagus karena dibuat semirip mungkin dengan Android 4.0.4  ICS. Saya telah mencoba ROM ini dan lumayan bagus. Hampir semuanya berfungsi dengan baik kecuali accelerometernya yang agak ngaco, terutama terasa kalau menggunakan Google Sky, atau membuka aplikasi camera. Kelengkapan lain seperti speaker, mic, 3G dan GPS bisa digunakan dengan baik. Sekarang telah menggunakan kernel 3.1.

Update:
ROM terbaik saat ini menurut saya adalah Vegabean beta 6. Semua bisa berjalan dengan baik kecuali masalah penggunaan bluetooth dan wifi secara bersamaan dan accelerometernya. Walaupun agak lambat, tapi ROM ini bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Hati-hati saat melakukan flashing, saat boot pertama kali, lepaskan kabel daya (charger) dari tablet anda, karena ada potensi kerusakan touchscreen pada tahap ini.

12 comments:

  1. salam kenal mas, saya juga pengguna Zyrex Onepad yang sering coba-coba gonta-ganti ROM.. saya setuju dengan pendapat mas bahwa VegaCream adalah versi ROM yang paling baik untuk onepad, terutama karena pengembangannya masih berjalan sangat baik dan sekarang sudah mencapai versi 4.1 (JB).. tapi ada satu hal yang sampai sekarang membuat saya tidak puas, yaitu ketiadaan support dari ROM2 tersebut terhadap slot USB di onepad.. pada akhirnya setiap saya perlu menggunakan onepad untuk pekerjaan tertentu seperti yang banyak menggunakan flashdisk, saya harus mengubahnya lagi menjadi froyo; versi yang uniknya walaupun jadul tapi tetap menjadi satu2nya yang support slot USB di onepad.. adakah mas mengetahui ROM lain (versi vegacream, barangkali) yang sudah support slot USB? terima kasih mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh maaf mas saya baru ketemu artikelnya di bloggerhack! Alhamdulillaah.. makasih banyak mas.. :'-D

      Delete
  2. Salam kenal Wildan, memang benar ada satu artikel di bloggerhack tentang script untuk mengaktifkan usbhost pada saat booting. Yang anda gunakan Onepad yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. SP1110, yang pertama keluar :)
      setelah diliat lagi, ternyata di ROM VegaBean udah ada menu Shuttle yang bisa ngatur USBnya mau mode host atau peripheral mas..

      Delete
  3. gan boleh dong saya mau tolong de email-in cara yang agan sendiri gunakan untuk mem-flash Rom zyrex nya karen aagan punya kan sudah terbukti berhasil.

    karena saya punya di reset factory data malah ke wipe semua jadi gak mau masuk lagi nyala hanya hitam doang gak masuk2 ke android. jadi saya pikir mau skalian di flash rom nya jadi kayak punya agan pake vegacream.

    terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  4. btw email saya frumentius_sonic@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Frumentius silahkan anda browsing ke artikel lain yang menjelaskan tentang flashing

      Delete
  5. klo wifi nya kdetek tpi ga bs konek cma scaning trus apnya ya gan,,trakhir aq pke pov mobii,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. tolong dijelaskan lebih rinci masalahnya mas iwan :)

      Delete
  6. Sudah pernah ada yg permak zyrex onepad sn1114 tidak?
    Onepad sn114, kok tidak ada rom cocok/selalu gagal di nvflash.
    Mohon pncerahannya dari suhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Bambang, pengalaman saya hanya sebatas SP1113G dan sama sekali bukan Suhu, cuma user biasa :). Mungkin sudah ada pengguna SN114 lain yang sudah berhasil MODing

      Delete
  7. mas fahmi nanya dong. Saya punya zyrex sp1113g, msh OS froyo. Saya mau sambungkan ke keyboard bluetooth. Sudah bisa pair tp ndak bisa connect ( status : paired but connected ) kenapa ya mas? APa ada cara agar keyboar bluetooth tsb bisa disambungkan ke onepad saya?

    ReplyDelete